Legislator: desentralisasi pencetakan soal UN perlu dipertimbangkan

wakil ketua komisi x syamsul bachri berpendapat kiranya pemerintah usah mempertimbangkan untuk melakukan desentralisasi pencetakan soal ujian nasional dalam pelaksanaan yang mau datang.

dari kejadian keterlambatan penyelesaian serta pendistribusian naskah soal telah banyak indikasi bahwa sentralisasi pengadaan soal un tidak dapat dilaksanakan. dengan demikian, saya pikir usah desentralisasi. serahkan terhadap percetakan daerah namun diawasi melalui ketat oleh berbagai pihak, katanya di jakarta, kamis.

menurut dia, beberapa pemerintah daerah sudah menungkapkan sanggup agar menggarap pencetakan soal un untuk sekolah-sekolah dalam wilayahnya tiap-tiap.

mereka memiliki perusahaan percetakan yang memadai. jadi, ini sebenarnya soal kepercayaan juga pengawasan saja, ujarnya.

Informasi Lainnya:

sementara itu, lanjutnya, substansi materi yang mau diujikan dapat disiapkan oleh pemerintah pusat, yakni dengan kementerian pendidikan serta kebudayaan.

hal tersebut, berdasarkan syamsul, justru dapat meminimalkan uang distribusi soal dan memudahkan proses pendistribusian.

ini sisi positifnya dari desentralisasi, dengan dicetak selama daerah, dengan begini proses pengirimannya lebih bersegeralah karena jaraknya dekat dengan web ujian anak-anak sekolah, katanya.

sebelumnya, tim kunker komisi x dpr meninjau segera pelaksanaan un tingkat sma dan diundur, dan un smp pada sulawesi selatan.

pada kesempatan itu, tim yang dipimpin wakil ketua komisi x syamsul bachri baru menjumpai semua kendala teknis dalam pelaksanaan un.

misalnya, pada sma frater makassar, bagian sekolah terpaksa harus menambah sendiri persediaan lembar Jalan keluar sehingga terjadi perbedaan standar di bahan kertas soal juga lembar langkah awal un.