Digrebek jamu oplosan senilai Rp2,8 miliar

badan pengawas obat serta makanan (bpom) berhasil menggarap penggrebekan dua pabrik jamu rumahan selama cisauk, kabupaten tangerang dan menemukan pilihan seluruh bidang jamu oplosan siap jual senilai rp2,8 miliar.

hasil penggerebekan jamu oplosan (jumat5/4) ditaksir nilainya hampir rp2,8 miliar, papar kepala bpom lucky s slamet usai pencanangan kelompok kerja nasional penanggulangan obat tradisional ada kandungan bahan kimia obat (bko) selama jakarta, senin.

lucky menunjukan, di objek wisata pertama ditemukan jamu melalui merk jawa dwipa tawon klangkeng. di kemasannya tertulis diproduksi oleh ud putri kinasih banyuwangi jawa timur.

padahal diproduksi selama tangerang, jadi ini tiruan. kita carilah dan yang masih di dalam drum biru kurang lebih 109 drum tiap-tiap 125 liter. kemarin ada jamu masak dalam pandi serta juga selama kemasan botol 600 ml dan 120 ml, gamblang lucky.

Informasi Lainnya:

selain palsu, ditemukan dan kandungan bahan kimia obat pada campuran jamu yakni fenilbutazon dan sebenarnya digunakan agar pegal linu.

sementara selama pabrik kedua dan lokasinya tidak jauh daripada pabrik rumahan pertama, ditemukan enam koleksi jamu yaitu madu klangkeng jamu tradisional jawa betul cap anak sakti, obat herbal pegal linu serta asam urat madu tawon klangkeng. disamping itu jamu pegal linu mahkota dewa, jamu gali-gali serta jamu amat kuat.

yang kita carilah ada dua kelompok yakni grup pegal linu ditambahkan fenilbutazon dan kedua, obat kuat laki-laki ditambahkan sildenasil. sebenarnya kedua bahan kimia ini betul jika digunakan dengan resep dokter, namun dan terjadi ditambahkan semudah mencampur gula pada adonan, tambah lucky.

sementara hasil temuan bpom dari januari sampai maret 2013 pada obat tradisional ada kandungan bahan kimia obat senilai rp1,8 miliar.