India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, menyampaikan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut sebuah aksi penyerbuan tentara china mampu diselesaikan, kata kantor berita press trust of india (pti).

itu adalah Satu masalah daerah, kami yakin tersebut bisa diselesaikan, papar singh yang dikutip kantor berita tersebut setelah tentara china dituduh memasuki daerah dan disengketakan di ladakh awal bulan ini.

india serta china memiliki Salah satu perbatasan dan disengketakan, dan hubungan mereka sering terganggu sejak perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan dan dituduh itu merupakan Salah satu ketegangan masih diantara dua negara asia yang bertetangga tersebut.

pernyataan singh tersebut dikemukakan setelah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Salah satu laporan tentang insiden tersebut pada pengawas parlemen, jumat, selama mana media lokal menyampaikan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke selama wilayah yang diklaim adalah teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri tersebut, pertama yang disampaikannya perihal sengketa tersebut, mengulangi pernyataan-pernyataan kaum menteri pemerintah lainnya yang mengabaikan penyerbuan selama pihak barat wilayah ladakh di kashmir yang dikuasai india dan menegaskan masalah itu bisa diselesaikan secara damai.

kami sudah mempunyai Satu rencana, kami tak akan memperbesar situasi itu, kata singh, tanpa menunjukan lebih jauh.

menurut kaum pejabat selama new delhi, Satu peleton pasukan china mengembangkan Salah satu kamp di selama daerah india tersebut di 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia akan bertolak ke china selama 8 mei, juga mengatakan kedua negara mempunyai keperluan bersama tidak mengizinkan sengketa tersebut merusak hubungan sudah mengalami kemajuan dalam waktu lama.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer yang lebih rendah sejauh ini gagal mengatasi macetnya dalam melaksanakan sengketa itu.