Jepang tawarkan Indonesia teknologi peringatan bencana

pemerintah jepang mempunyai indonesia kerja sama dalam jenis teknologi Informasi dan bisa memfasilitasi sebuah alarm serta peringatan dini pada masyarakat tentang potensi terjadinya bencana alam.

menteri dalam negeri juga komunikasi jepang yoshitaka shindo selama jumpa pers dalam jakarta, selasa, menyampaikan pengalaman kedua negara dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami telah melahirkan gagasan agar meningkatkan sistem penanggulangan bencana pada kedua negara agar mampu menghindari banyaknya korban jiwa.

kerjasama diantara indonesia dan jepang dalam memesan sistem peringatan dini itu merupakan langkah awal dan setelah itu bisa disebarluaskan ke berbagai asia.

menteri shindo menekankan pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya kepada sistem penanggulangan bencana alam serta juga keselamatan warganya.

Informasi Lainnya:

jepang saat ini tengah berusaha keras untuk melindungi negara agar lebih tahan bencana, serta bagaimana dan diselenggarakan jepang mampu ditularkan ke indonesia, ujarnya.

salah Satu bentuk teknologi dan ditawarkan jepang, papar shindo, adalah peringatan dini bencana alam dan bisa memberitahukan potensi serta dampak bencana itu ke semua jaringan milik instansi terkait, termasuk dan media massa.

di jepang kini ini, apabila banyak gempa, berita itu segera disebar, dengan begitu, dampak semisal keberadaan tsunami bisa disebarkan ke semua negara dalam 3 menit dan antisipasi langsung dapat diselenggarakan, katanya.

untuk menciptakan hal tersebut, tutur shindo, mesti dibangun sistem komunikasi melalui perangkat telepon juga komputer yang canggih supaya dapat menjangkau seluruh daerah terpencil.

kami bangun sistem telepon, dan elektronik supaya mengembangkan komunikasi tersebut, melalui kecanggihan ini diganakan juga komputer dan lebih tepat, ujarnya.

dalam memulai pengaplikasian teknologi itu, pemerintah kedua negara telah menggarap studi kelayakan ke berbagai daerah. shindo menyampaikan dana supaya anggaran kerja sama ini belum difromulasikan secara lengkap, tapi sumber dana mampu berasal daripada pemerintah serta swasta.

untuk dana, kita pilih juga dari sejauh mana diaplikasikannya teknologi jepang pada indonesia, katanya.