Korban gempa China 156 jiwa

gempa 6,6 skala richter di provinsi sichuan, china bagian paling baratdaya, tercatat mengakibatkan 156 nyawa hilang serta kurang lebih lima ribu orang dulu cedera.

kantor berita reuters mencatat kekuatan gempa itu mendekati kejadian tahun 2008 yang merenggut 70 ribu jiwa.

gempa bumi terjadi di sabtu pukul 08.02 masa setempat pada desa lushan, tidak jauh kota ya`an, dengan pusat gempa pada kedalaman 12km pada perut bumi, kata lembaga survei geologi amerika serikat.

getaran gempa bisa dirasakan oleh warga di pilihan provinsi tetangga termasuk ibu kota provinsi itu, chengdu, dan memesan warga melarikan diri ke luar gedung.

Informasi Lainnya:

media pemerintah melaporkan 156 orang telah dipastikan meninggal serta 5.500 lagi cedera.

presiden xi jinping juga perdana menteri li keqiang menungkapkan seluruh upaya penyelamatan ditujukan agar menurunkan angka kematian.

setibanya dalam info kejadian dengan menumpang helikopter, li memimpin upaya penyelamatan dari alun-alun longmen, pusat kota lushan, lapor xinhua.

li meminta supaya regu penyelamat menjalankan jalan menuju baoxing, salah Satu daerah dan paling parah terkena gempa, serta kaum penyelamat bertindak amat bersegeralah pada usahanya, kata kantor berita xinhua dengan mengutip li.